Hai sob … Pasti udah tau kan kalo Yamaha punya keluarga MaXI baru yaitu Yamaha LEXi 125 VVA. Nah skutik baru yang disebut-sebut sebagai “baby NMax” ini memiliki segudang fitur-fitur menarik.

Namun bg admin ga bakal bicara fitur disini, tapi ada hal lain yang bakal diulas diartikel ini… Sediakan kopi sama gorengan ya lumayan panjang soalnya nih artikel hehe …

Jadi gini… Bg admin sempat datang di acara Yamaha CustoMAXI di Semarang 27 Januari 2018 kemaren. Dilalah .. Kok malah nongol 1 unit Yamaha LEXi 125 disana sebagai public display unit.

Ga pake lama bg admin langsung keluarkan DSLR untuk mengabadikan sosok motor baru yang baru aja dirilis YIMM 26 Januari alias 1 hari sebelumnya. By the way … Cepet banget nih unit bisa sampe di Semarang 1 hari setelah rilis resmi di Jakarta??? Dugaan bg admin nih motor sudah “dikekepin” beberapa hari sebelumnya sama Yamaha Semarang.

Ok lanjut ke sesi pemotretan (macam fotografer aja pake sesi pemotretan, padahal cuma tukang foto keliling haha), pada saat hendak foto LEXi tiba-tiba baterai DSLR ngedrop… Karena sebelumnya dipakai rekam video acara custoMaxi dan kondisi baterai sebelumnya tidak full karena lupa ngecas.. Duhh apesss (dasar tukang foto keliling).

DSLR mati HP pun bermain, beruntung jaman sekarang hp udah canggih-canggih . Jadinya bg admin foto pake hape deh jadi harap maklum fotonya ga jernih karena pake hp jadul dan seadanya.

Nah dari hasil foto yang ga bagus itu malah bg admin jadi mikir sesuatu.

Coba deh perhatikan foto berikut ….

Nih bg admin zoom supaya jelas…

Nah kira-kira dah tau belum fungsi kabel ini? Saya rasa pembaca sebagian banyak sudah tahu dan paham fungsi kabel ini. Ini adalah kabel sensor ABS (Anti-Lock Bracking System)

Tapi kan LEXi belum ABS???? 

Betul LEXi memang belum ABS, namun kabel ini tidak hanya untuk ABS. Kabel ini sejatinya adalah speed sensor untuk mendeteksi kecepatan putaran roda yang nantinya digunakan untuk data pada speedometer dan odometer. Nah speed sensor ini berfungsi ganda juga sebagai pendeteksi kecepatan roda untuk di ECU ABS sehingga ECU ABS bisa menentukan apakah ban terkunci atau tidak.

Jadi jangan heran jika varian NMax ABS dan Non ABS kabel sensor ini ada dibagian roda depan ya. Karena sejatinya varian ABS dan Non ABS dibedakan dengan hadir dan tidaknya ECU ABS yang letaknya tersembunyi dibalik headlamp NMax.

Lho kok jadi bahas NMax ????

Yuk balik lagi ke LEXi … Jika LEXi tidak ada varian ABS kenapa menggunakan kabel speed sensor??? Apakah nantinya bakal ada varian LEXi ABS???

Banyak bener nanyanya…

Jadi begini … Bang admin coba kumpulkan data dari beberapa sumber dan akhirnya mendapat jawaban sebagai berikut :

SPEEDOMETER AEROX 155

LEXi menggunakan kabel speed sensor karena menggunakan Speedometer yang sama persis dengan Aerox 155. Jadi kabel sensor speednya pakai punya Aerox 155 juga supaya tidak banyak ubahan dan tentunya cost reduction karena common part dengan varian lain.

Speedometer Aerox 155

Speedometer LEXi

Namun jika diperhatikan tidak semua bagian Aerox 155 diaplikasikan ke LEXi, desain cakram LEXi ternyata mirip dengan NMax. Berbeda dengan Aerox 155 yang mempunyai desain cakram wavy (bergelombang), cakram LEXi seperti cakram pada umumnya yaitu bundar. Belum diketahui berapa diameter cakram LEXi, karena dari data spesifikasi LEXi dari situs YIMM tidak disebutkan. Sedangkan diameter cakram NMAx 230mm.

Cakram Aerox 155

Cakram NMax

YAMAHA LEXi ABS

Lalu apakah LEXi bakal muncul varian ABS? Bisa jadi begitu karena part ini common part MAXi skuter lainnya bisa pakai Aerox 155 ataupun NMax. Dan itu bukan hal yang sulit untuk YIMM. Namun bakal dibanderol harga berapa LEXi ABS??? Secara YIMM belum merilis harga resmi varian LEXi S alias varian tertingginya. Jika dibanderol 25-26juta konsumen bakal milih Aerox 155 dibanding LEXi.

Apakah varian ABS untuk unit ekspor???

Bisa jadi juga.. Namun YIMM seperti dirujuk kompas otomotif menampik berita bahwa LEXi juga dipasarkan di Eropa yang mengharuskan rem ABS.

Nah itulah analisa bg admin berdasarkan fakta yang ada dan tentu data yang disajikan ini belum tentu benar karena kedepannya hal lain bisa saja terjadi. Tentu itu jadi hak YIMM merilis LEXi ABS atau tidak berdasarkan kondisi pasar dan faktor lain.

 

Tonton juga video ecek-ecek yang ga penting ini ,,,,