Dua hari ini dunia otomotif ramai membicangkan sosok facelift YZF-R15. Penampakan resmi yang tidak terduga ini banyak menyedot perhatian, tanda akan laris manis?? 

Belum tahu juga karena dari segi pricing masih digodok oleh principal Yamaha. Namun dari fitur dan teknologi yang disematkan ada 3 yang menurut bang admin punya nilai lebih alias value added dan bisa dibilang bakal menjadi standar baru sport 150cc.
3 Fitur penting All New YZF R15 : 
1. VVA

Pernah dengar i-VTEC pada mobil Honda atau VVTi di mobil Toyota? VVA (Variable Valve Actuator) ibaratnya VVTinya Yamaha. Teknologi ini sudah diperkenalkan pada NMax dan sekarang pada R15, next New Vixion juga bakal pakai ini teknologi. Efisiensi menjadi faktor penting teknologi ini dengan multi karakter camshaft diharapkan dapat meningkatkan tenaga dan konsumsi bahan bakar yang efisien pada putaran tinggi.

Standar baru sport 150?? disituasi yang masih membandingkan DOHC dan SOHC, R15 hadir dengan VVA sebagai “palu gada”. Bisa irit dan bisa kencang.
2. USD

Jamannya motor Tiger, Scorpio ataupun Megapro masih eksis dulu jadi bahan modif sport aja USD udah jadi “obat ganteng” dan  pendongkrak style. Lha kalo pabrikan udah kasih USD di sport barunya All New YZF-R15 ya siapa yang tidak tergoda???

Mulai diperkenalkan Yamaha pada Xabre 150, meski penjualannya tidak terlalu bagus, pada saat itu muncul indikasi bakal diaplikasi USD ke model Yamaha lainnya yaitu R15 dan Vixion sebagai common part. 

Standar baru sport 150??? disaat yang lain masih PD pake sok depan teleskopik, R15 hadir dengan Sok depan USD yang sporty.
3. Slipper Clutch

Mekanisme sistem slipper clutch ada dua yaitu assist clutch dan slipper clutch. Assist Clutch (AC) membuat enteng tekanan/tarikan tuas kopling sehingga tangan tidak mudah pegal terutama di kemacetan. Diklaim dengan (AC) ini tarikan kopling menjadi 20 persen lebih ringan. Dengan begitu proses akselerasi pun lebih optimal. Sedangkan Slipper Clutch (SC) kebalikan dari Assist Clutch, SC bekerja pada saat motor melakukan deselerasi atau pada saat kita mengurangi gigi transmisi dengan cepat. Pada saat mengurangi kecepatan biasanya kita menggunakan rem dan juga engine brake. Namun pada kecepatan tinggi ketika Rider mengurangi gigi dengan cepat,pada saat melepas kopling efek engine brake akan sangat terasa dan bisa menyebabkan ban terkunci dan slip akibat back torque. Dan itu sangat berbahaya. Nah, dengan adanya SC ini motor akan lebih stabil pada saat deselerasi dan efek back torque bisa di minimalisir. 


Standar baru sport 150 ????

Mekanisme SC biasanya dipakai untuk motor 200cc keatas, contohnya Ninja 250 FI SE. Sedangkan sport 150cc baru R15 pakai slipper clutch.

Secara tidak langsung Yamaha memposisikan R15 ke standar level yang lebih tinggi dan mau tidak mau kompetitor nantinya bakal putar strategi untuk menyaingi 3 fitur utaman R15 jika ingin bertahan di segmen ini. Tinggal pihak Yamaha saja yang bijak untuk pasang banderol harga R15 agar tidak terkesan overprice.