Kali ini bang admin cerita tentang touring agak jauhan sedikit ke pulau seberang yaitu pulau Bintan. Jujur ini kali pertama bang admin naik motor ke Bintan, begitu ada ajakan touring dari Suzuki Indomobil Batam ke Lagoi, Bintan ya bang admin iya’in aja.

IMG_0499

Unit yang dipakai kali ini Suzuki GSX S150 dengan Keyless Ignition System pinjaman Suzuki Indomobil Batam, kok GSX S150 pakai Keyless ??? ga usah panik silahkan lihat ulasan lengkapnya disini. Kira-kira jam 6 pagi sudah start dari Indomobil Batam supaya bisa terkejar jadwal kapal RoRo jam 6.30 di Pelabuhan Punggur. Ternyata rekan-rekan dari GCI (GSX Club Indonesia) Batam sudah pada nungguin disana.

IMG_20170416_061626

Singkat cerita RoRo sudah bersandar di Pelabuhan Tanjung Uban, setelah briefing singkat oleh rekan-rekan GCI Batam dan rute yang ditempuh yaitu  gurun pasir basung – Lagoi Bay – Patung Monyet – Patung Penyu – Pelabuhan Tjg Ubang.

Selama perjalanan kecepatan cenderung santai karena semua peserta konvoy memang ingin menikmati perjalanan,  kecepatan rata-rata berkisar di angka 60an Km/jam. Lagi pula riding santai sambil menimati jalanan di kawasan Lagoi ajib bener dah… hijau asri dan aspal mulus suasananya mirip di luar negeri. Pas bener bg admin juga ingin tes konsumsi bahan bakar GSX S150.

IMG_20170416_104638

Ketinggalan rombongan dan kesasar haha,,,

Riding position

Perjalanan diatas GSX S150 dengan posisi setang meski tidak termasuk tegap namun tetap enak dan nyaman. Apa pengaruh footstep ya? Nah ternyata footstep GSX S150 ini tidak jauh berbeda dengan GSX R150 yang ala racing. Posisi kaki agak tertarik ke belakang. Berasa naik Yamaha Xabre yang mirip supermoto. Ini juga nilai lebih GSX S150 dibanding kompetitor.

IMG_20170416_150438

Posisi kaki agak ketarik kebelakang sedikit bikin feel riding makin asyik

 

Performa

Untuk performa ga usah ditanya deh gaes.. lha wong mesin 100% sama dengan GSX R150, baik itu kapasitas, ECU hingga mappingnya sama plek. Kencang ya so pasti 19.1 Hp cak !!!!!

Konsumsi BBM

Nah dari segi konsumsi BBM, bang admin hanya berpatokan dari trip meter boleh dibilang hitungan kasar alias belum tentu akurat alias kira-kira. Perhitunganya gini total jarak yang ditempuh dari pergi hingga pulang tercatat pada trip yaitu 127 km, dan indikator bensin hanya berkurang 1 balok. Pada speedometer ada 5 balok indikator bensin. Jika kapasitas tanki GSX adalah 11 liter maka 1 balok mengindikasikan 2,2 liter BBM (hasil bagi 11 liter/ 5 balok). Kemudian konsumsi BBM dihitung dengan cara total jarak tempuh 127km dibagi 2,2 liter maka didapat 57,7 liter. Gimana irit gak ??

Berhubung unit yang bang admin pakai GSX S150 Keyless ignition system hasil kreasi Indomobil Batam, sekalian aja tes fungsional. Dari start di Indomobil hingga perjalanan balik tidak ada ditemui kendala. Praktisnya keyless ignition system sama persis waktu bang admin test ride GSX R150. Ga perlu repot cabut dan colok anak kunci.

Kejadian memalukan malah pada saat di Kapal RoRo perjalanan pulang, remote bang admin simpan di tas yang ternyata tasnya ngikut sama mobil box Suzuki yang ngawal rombongan sejak berangkat sudah pulang duluan ninggalkan rombongan. Alhasil motor terpaksa diangkut pick up karena motor dalam kondisi kunci setang. Hahahaha… memalukan tenan kok iki… maklum yang lain udah pulang karena pada lelah nungguin jadwal kapal yang ternyata molor hingga 3 jam lebih sejak di pelabuhan Tjg Uban menuju Punggur Batam.

IMG_0533

 

IMG_0656

 

IMG_0601

 

IMG_0504