Batam-Otomania.com, – Catatan waktu terbaik 1:33,238 detik diperoleh Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha) pada sesi kualifikasi Q2 di sirkuit San Marino, Italia. Catatan waktu ini menempatkan Lorenzo pada garis start terdepan di race yang akan disiarkan langsung malam ini.

Sedangkan Andrea Iannone (Pramac Ducati) hanya selisih 0,051 detik menempati posisi kedua dan Valentino Rossi (Movistar Yamaha) berada di posisi start ketiga dengan catatan waktu 1:33,302 detik atau selisih waktu 0,064 detik dari rekan setimnya.

Sementara dua pebalap Repsol Honda yakni Marc Marquez hanya mampu mencatatkan waktunya tercepat keempat dengan perolehan waktu 1:33,360 detik, diikuti oleh rekan setimnya Dani Pedrosa yang berada di posisi lima garis start. Pembalap pabrikan dari Ducati yakni Andrea Dovizioso melengkapi baris kedua ditemani Espargaro di posisi enam dan tujuh. Ditempel Bradley Smith, akan start dari  posisi sembilan.

Jika di seri-seri sebelumnya sempat bermasalah, Yamaha M-1 kali ini performanya sangat baik dan setelah penggantian ban tipe lunak catatan waktu Lorenzo semakin bagus dan membuat rekan setimnya Valentino Rossi (Movistar Yamaha) juga bisa kencang dan bisa start di posisi ke-3.

“Berada di pole position cukup menguntungkan saat start sehingga harus bisa meninggalkan rombongan saat lap pertama. Tapi tidak semudah itu karena Rossi di posisi yang bagus dan semua orang ingin di depan, jadi harus mencoba sekencang mungkin di depan,” pungkas pembalap Spanyol ini.

Hasil Kualifikasi 2:
1. Jorge Lorenzo
2. Andrea Iannone
3. Valentino Rossi
4. Marc Marquez
5. Dani Pedrosa
6. Andrea Dovizioso
7. Pol Espargaro
8. Aleix Espargaro
9. Bradley Smith
10. Stefan Bradl
11. Yonny Hernandez
12. Alvaro Bautista