Hujan deras yang melanda Sirkuit Losail Qatar sejak Jumat (24/03) malam dan Sabtu (25/03) memaksa race direction membatalkan sesi kualifikasi Moto3, Moto2 dan MotoGP.

Meskipun sebagian sirkuit mongering namun area run-off dan gravel terdapat genangan air yang cukup dalam. Race direction mengganggap hal ini dapat membahayakan keselamatan pembalap.

Dengan pembatalan sesi kualifikasi posisi grid start ditentukan dari kombinasi hasil free practice1, 2, dan 3 untuk semua kelas. Untuk MotoGp Maverick Vinales beruntung hasil free practice lebih cepat sehingga ia memulai debut MotoGP musim 2017 bersama Yamaha dari Pole position.

motogp-qatar-gp-2017-track-drying

“Itu sangat aneh. Aneh karena hujan turun di Qatar. Trek tidak cocok untuk ban basah, dan juga ban kering,” ucap Vinales seperti dilansir dari motosport.com dalam konferensi pers di Losail, Sabtu (25/3) malam waktu setempat.

“Saya pikir terlalu berisiko untuk keluar ke trek. Tentu beberapa pembalap akan kecewa, lainnya sedikit lebih senang. Tapi bagi saya, keselamatan yang pertama dan hari ini cukup sulit. Jika hujan (pada Minggu), kami akan mencoba untuk balapan. Kami harus mencobanya.”