Posisi start terdepan balapan GP Jepang di Motegi, akan ditempati Valentino Rossi yang meraih pole position ke-64 sepanjang kariernya usai menjalani kualifikasi hari Sabtu (15/10).

Dari lima belas menit yang tersedia, sesi kualifikasi kedua (Q2) ini langsung dikuasai Marc Marquez yang mengukir waktu terbaik 1 menit 44,617 detik. Diikuti Cal Crutchlow di urutan kedua dan Valentino Rossi ketiga.

Lap berikutnya, Marquez mempertajam waktunya jadi 1:44,134. Kemudian pembalap Suzuki, Aleix Espargaro masuk di urutan kedua. Rossi yang sempat turun ke urutan enam, bisa tembus ke posisi kedua, waktu terbaiknya 1:44,736.

Namun posisi kedua Rossi digeser rekan setimnya di Yamaha, Jorge Lorenzo yang membuat waktu 1:44,399. Rider tim LCR Honda, Cal Crutchlow tercepat ketiga, membuat posisi Rossi kian turun.

Memasuki tahap kedua, posisi Marquez belum tergoyahkan. Sementara itu pembalap Ducati, Andrea Dovizioso membuntutinya di urutan kedua.

Tinggal hitungan detik, Marquez yang sempat tercepat di beberapa sektor, sedikit melakukan kesalahan. Posisi terdepannya digeser Rossi yang membuat waktu tercepat 1:43,954.

Adakah kesempatan podium tertinggi bagi Rossi di Motegi, Jepang?? Harusnya ada karena cederanya Lorenzo dan absennya Pedrosa sedikit mengurangi kompetesi dan bias focus duel dengan Marquez. Ya udah gitu aja,,, lebih lanjut tonton aja motogp besok siang ya,,,