Selalu ada cerita tentang roda dua. Begitu kira – kira ungkapan untuk penikmat otomotif. Begitu juga untuk gelaran Suzuki Bike Meet Batam 19 November 2017 kemarin di pelataran Kepri Mall.

Beberapa tipe Suzuki hadir baik itu yang baru maupun yang lama. Nah kali ini bg admin ingin bahas tipe yang lama, kalo tipe yang baru sudah biasa ya tho????

Di Suzuki Bike Meet kemarin muncul beberapa tipe motor Suzuki yang sudah tidak diproduksi lagi.

Yuk bg admin bahas satu persatu…

1. Suzuki Smash
Motor bebek low end 110cc dari Suzuki ini pertama muncul di tahun 2002 dan terakhir diproduksi 2011 dengan label Smash Titan.

Populasinya cukup banyak dimana tipe ini memang dibuat untuk menghadang munculnya motor Cina yang lagi marak pada jamannya. Nah untuk tipe pertama yang keluar tahun 2002 – 2005 yang paling banyak peminatnya karena bentuknya yang dinamis dan disukai orang.

Di kota Batam pengguna Smash bernaung dan diayomi di komunitas SOBAT (Suzuki Owners Batam). Nah di SOBAT sendiri pengguna Smash ada 3 yaitu Smash 2003, 2006 dan Titan 2014.

2. Satria 120 RU
Siapa yang ndak kenal Satria 120RU???? Motor 2tak kencang dari Suzuki ini paling terkenal dulu tahun 90an di ajang road race. Lebih tenar lagi waktu jadi tunggangan Hendriansyah, Dicky Jambret dan lainnya (RG Sport, identik dengan Satria).
Dengan kapasitas mesin 120cc 2tak, Satria RU udah ganteng banget dijamannya apalagi sudah kopling tangan dan suspensi monosok serta double cakram (depan – belakang).

Satria 2 tak muncul 3 versi yaitu Satria 120S (kopling otomatis), Satria 120RU, dan Satria 120 LSCM (hiu). Pertama diproduksi tahun 1997 dan stop produksi di tahun 2005 karena terkendala regulasi emisi gas buang.

Nah untuk Batam pengguna Satria RU bernaung di komunitas Satria RU Batam yang turut hadir sekitar 8 orang di Suzuki Bike Meet Batam kemarin. Dan ada juga 1 unit Satria RU yang sudah dimodifikasi jadi trail.

Wah bg admin jadi ingat “si kuning” Satria modif trail bg admin dulu nih.

3. RK Cool
Motor built up Suzuki ini umurnya gak lama hanya beredar ditahun 2002 – 2004. Status motor yang CBU dari Thailand dan regulasi emisi gas buang lah yang membuat populasi RK Cool tidak banyak.

Padahal kalo dilihat keren lho… Model ayam jago, double disk brake, velg racing, monoshock dan tampilan striping sporty dan mesin 2tak 110cc yang responsif.

Nah di Suzuki Bike Meet Batam kemarin terpantau 1 unit RK Cool ikut berpartisipasi bareng komunitas Satria RU Batam. Populasi RK Cool di Batam memang sangat sedikit sekali dibanding Satria RU.

4. Thunder 125
Motor sport Suzuki low end ini sempat berjaya dimasanya dengan penjualan yang bagus pada saat itu. Bentuk sport sejati semi retro ini idolanya anak remaja dulu waktu ngapelin pacar hehehe… Lha gimana ndak.. Motor laki, sporty dan harga terjangkau bagi yang ndak mampu beli Ninja dan Tiger.

Komunitas Suzuki Thunder dari kota Tanjung Pinang dari BISTROM dan THOR turut hadir meramaikan Suzuki Bike Batam.

5. GT 185 Twin
Nah ini yang bikin mata bg admin sumringah ra ketulungan. Ada GT 185 Twin lek… Juossss tenan pokokmen. Populasi Suzuki GT tidak sedominan seperti RX King ato RX S apalagi yang tipe twin. Rare item banget nih motor, dan sudah termasuk collector item. Lha gimana ndak langka, motor 2 tak generasi GT 185cc 2 silinder lek tahun 1976 dan masih jalan normal pula.

70% kondisi motor ini masih orisinil kecuali karbu, pengapian dan sok belakang. Pak Yohan Yahya selaku GM Sales dan Marketing PT SIS yang datang di Suzuki Bike Meet Batam pun geleng-geleng kepala terheran lihat motor jadul Suzuki ini masih hidup sesaat sebelum konvoy dimulai.

Effort Suzuki Indomobil Batam luar biasa sekali bisa mengumpulkan pengguna Suzuki dari berbagai kalangan dan usia kendaraan namun tetap guyub. Suzuki Bike Meet pertama kali diadakan di kota Batam dan antusian peserta sudah bagus, semoga ditahun depan acara akbar ini mampir lagi di Batam dan pesertanya makin buanyak. 

Dan rombongan motor Suzuki menolak punah ini pun menjadi saksi perjalanan dan bangkitnya kembali Suzuki di tanah air.