Sungguh bahagia penikmat balap di Sumatera selatan khususnya Lahat, karena saat ini sudah dikelola sirkuit Cendrawasih Bungsu atau yang biasa disebut sirkuit Manggul. Sirkuit ini digagas oleh H. Saefuddin Aswari Riva’i selaku Bupati Lahat.

Nah ternyata pembangunan sirkuit ini lengkap lho sob dengan fasilitas pendukung, seperti paddock, menara pengawas lomba dan kantin. Keren nih gagasan Bupati yang dikenal hobi otomotif ini bahkan rela mengeluarkan biaya pribadi untuk pembangunan sirkuit di areal seluas 10,5 hektar. Dengan memiliki lintasan sepanjang 1,6 km dan lebar trek bervariasi 12-18 meter, cukup layak.

Sirkuit diresmikan sekaligus dipakai balap perdana pada Sabtu-Minggu, 20-21 Mei 2017 kemarin. “Bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Lahat ke-148 tahun,” sebut Aswari Riva’i, Calon Gubernur Sumatera Selatan Periode 2018-2023 yang lebih akrab disapa Kak Wari.

Ke depan, usai Lebaran Idul Fitri, Sirkuit Manggul akan mengadakan berbagai event otomotif. Agendanya setiap dua minggu sekali ada kegiatan disana. Apalagi sirkuit dirancang multi-event, mulai dari road race, drag bike, drag race, slalom, drifting, gokart dan supermoto.

Sumpah keren banget sob,,, kapan kiranya Batam atau Kepri punya sirkuit ya sob???