Sesuai tagline pabrikan KTM yaitu Ready to Race,  RC Cup menjadi ajang balap pembibitan dalam program balap KTM selain Motocross, Moto 3, Moto 2, dan MotoGP.

Bukan sekedar pembibitan RC cup pun menjadi “track day”nya para konsumen RC series yang ingin merasakan pengalaman balap ditingkat awal serta batu loncatan talenta muda ke kancah internasional.

Nah seiring perkembangan distribusi, RC Cup pun merambah ke Asia. “KTM di Indonesia mempunyai mimpi untuk dapat mengikutsertakan pembalap Indonesia ke kejuaraan dunia Moto3 atau bahkan MotoGP,” tukas Presiden Direktur PT. Penta Jala Laju Motor-Distributor KTM Indonesia, Kristianto Gunadi seperti dilansir oleh motosport.com.

Ada tiga kategori pada KTM RC Cup Asia 2017, yang masing-masing menawarkan target, paket motor, hadiah dan dukungan teknis berbeda yaitu ;

Kategori pertama, RC 390 Cup – Orange, terbuka untuk usia 14 sampai 22 tahun.

Kategori kedua, RC 390 Open – Silver, yang terbuka untuk semua.

Kategori ketiga adalah RC 250/200 Open – Bronze, juga terbuka untuk semua.

Sebanyak lima ronde KTM RC Cup Asia akan digelar pada 2017, yang semuanya berlokasi di Sirkuit Sepang, Malaysia. Seri pembuka pada 24-26 Maret, sedangkan seri terakhir berbarengan dengan jadwal MotoGP Malaysia pada 27-29 Oktober.

“Tahun ini kejuaraan diselenggarakan di Sepang. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan digelar di negara Asia Tenggara lain, seperti Indonesia, Thailand, Vietnam atau bahkan Tiongkok dan India,” papar Kristianto.

“Pemenang RC Cup Asia akan diikutsertakan ke World Final RC Cup dan Asia Road Racing Championship (ARRC). Sementara yang bertalenta dan berprestasi akan diikutsertakan ke ajang yang lebih tinggi.

“Saat ini, kami sudah menyeleksi calon-calon pembalap dari Indonesia yang akan diikutsertakan di RC Cup Asia.”