Layaknya perusahaan besar lainnya, AHM tidak sekedar “jualan motor” segi sosial dan pendidikan pun disentuhnya sebagai bentuk terima kasih dan tanggung jawab moral bangsa.

Bukan CSR ataupun Beasiswa, hal berbeda dilakukan AHM guna lebih membina jiwa kreatif anak bangsa yaitu Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) 2016. Adalah ajang kompetisi ide dan kreativitasnya serta inovasi untuk memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungannya.

Siswa-siswi terbaik tingkat SMA dikumpulkan melalui proses seleksi ketat yang dilakukan oleh jaringan main dealer sepeda motor Honda di seluruh Indonesia. Dari 573 peserta dari 301 sekolah yang mengikuti seleksi tahun ini, terpilihlah 69 finalis yang telah memaparkan karya tulis bertema entrepreneur. Karya mereka kemudian dinilai dari sisi keunikan ide wirausaha, proses perencanaan, proses eksekusi jual beli, laporan keuangan, hingga skema mempertahankan dan mengembangkan usahanya.

AHMBS2016(75)

Dalam Final AHMBS 2016 tingkat nasional yang berlangsung di Jakarta (7/8) dan dihadiri oleh mantan Presiden ketiga RI Prof Dr Ing H Bacharuddin Jusuf Habibie, tergali informasi beraneka bakat wirausaha dari anak muda dari berbagai penjuru negeri. Uniknya walau masih berusia muda beberapa ide wirausaha muncul dari semangat membangun daerah di antaranya seperti ide siswa Bengkulu Selatan membuat tas dari limbah labu kayu sebagai cinderamata khas daerah, ide siswa Denpasar membuat Boreh Bali Aroma Terapi untuk mempopulerkan kembali pengobatan tradisional Bali, hingga ide siswa Jambi untuk membuat lotion anti nyamuk khas Jambi dari limbah biji duku.

 “Program AHM Best Student tahun ini diproyeksikan untuk mendorong lahirnya generasi muda kreatif yang bisa memberikan manfaat buat sesama. Program ini diharapkan dapat mengeksplorasi ide wirausaha muda dengan segala inovasi dan keunikannya, sekaligus menjadi sarana saling bertukar dan memperkaya pengetahuan antarsiswa” Ujar  Ahmad Muhibbuddin Deputy Head of Corporate Communication AHM.

Untuk Peserta dari Prov Kepulauan Riau di wakili oleh sdri Jihan Lithfiyyah Siregar dari SMA Negeri 3 Batam  dan sdr Irfandi dari SMA N 1 Tanjungpinang (yang telah mengalahkan 40 peserta lainnya dari berbagai sekolah SMA Sederajat di Kepulauan Riau bulan Juni lalu.

AHMBS2016_Awarding (1)

Pemenang AHMBS Wendi dari SMKN 1 Pangkal Pinang 

Boleh nih program AHM, dimana yang siswa di bina untuk bisa kreatif dan mandiri dengan berwirausaha dan tidak dipatok untuk bekerja setelah lulus sekolah.