Kemenangan Valentino Rossi di Grand Prix Belanda membuat empat pembalap teratas di klasemen sekarang hanya berada dalam rentang 11 poin, karena di saat bersamaan Maverick Vinales jatuh dan gagal mendapat poin sehingga tergusur dari puncak klasemen, Minggu (25/6). 

Rossi sendiri naik ke posisi tiga klasemen, hanya terpaut tujuh poin dari pembalap Ducati Andrea Dovizioso yang berada di puncak. “Kondisi di klasemen ini tak bisa dipercaya dan saya justru sangat senang seperti ini karena sangat menyenangkan untuk disimak (penonton). Belum ada yang selesai dan semuanya masih ketat di antara para pembalap dan motor yang berbeda,” kata Rossi dalam jumpa pers usai balapan. “Saya sangat senang dan kemenangan ini sangat penting, seperti kemenangan sebelumnya. Setelah satu tahun, ini perasaan yang menyenangkan. Saya juga mengikuti balapan sepeda motor karena perasaan yang fantastis dalam lima atau enam jam setelah menang.” Sebelum ini, terakhir kali Rossi menang terjadi di Barcelona musim lalu. Dan seperti halnya kemenangan di Sirkuit Catalunya itu, sukses Rossi di Sirkuit Assen atau “The Cathedral” adalah trofinya yang ke-10. “Setelah kemenangan yang ke-10 di Barcelona saya mampu menang ke-10 kali dalam karir saya di Assen, dua itu memang trek favorit saya jadi hebat rasanya,” ujar Rossi. “Kemenangan ini datang setelah balapan yang hebat melawan Danilo (Petrucci), Marc (Marquez), dan (Johann) Zarco. Dari sisi teknis saya juga senang karena kami telah bekerja keras dan mengganti sasis, lalu saya bisa mengendarai motor dengan lebih baik.” “Ini penting untuk klasemen karena setelah delapan balapan antara banyak pembalap dan motor berbeda sekarang situasinya sangat ketat, jadi sangat menarik.” “Musim ini kami telah belajar bahwa dari satu pekan ke pekan lain, semuanya bisa berubah. Jadi sangat penting untuk kembali menjadi tangguh pekan depan di Sachsenring (Jerman)

Namun Rossi belum bersedia bicara banyak tentang peluangnya di Grand Prix Jerman, yang lebih banyak didominasi oleh para pembalap Honda. “Sebelum kami berpikir tentang pekan depan, kami akan menikmati dulu kemenangan ke-10 di Assen ini,” ujarnya.

Tags: