Seri pertama ajang balap one make race terbesar di Tanah Air Yamaha Cup Race 2018 (YCR 2018) akan menyapa kota Medan 31 Maret – 1 April 2018. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing yang tahun ini menggelar YCR hampir rata dibeberapa provinsi di Indonesia, dan merupakan tradisi balap satu merk yang tidak bisa lepas dari Yamaha yang sudah digelar selama 30 tahun.

YCR hadir sebagai ajang balap yang digelar secara konsisten setiap tahun oleh Yamaha. Ajang balap ini memberikan kesempatan bagi putra bangsa di berbagai daerah untuk merasakan suasana kompetisi balap sesungguhnya dengan regulasi berstandar nasional.

Melalui YCR, Yamaha ingin memunculkan para pembalap daerah berpotensi sehingga mampu meraih mimpi yang lebih tinggi seperti halnya pembalap internasional Yamaha Racing Indonesia (YRI). Galang Hendra tahun ini mengikuti kejuaraan World Supersport 300, kemudian di ajang Asia Road Racing Championship 2018 (ARRC 2018) M Faerozi, Richard Taroreh di kelas AP250 dan Wahyu Aji Trilaksana pada kategori UB150.

Mereka adalah para pembalap daerah yang pernah menjadi bagian dari Yamaha Cup Race dan saat ini menjadi kebanggaan bangsa di ajang balap internasional. “Tahun 2018, Yamaha Cup Race kembali bergulir dengan 8 seri di 4 pulau, di Jawa, Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan. Keseruannya selalu ditunggu dan terus konsisten menghasilkan pembalap yang berbakat dari daerah-daerah ‘Untuk Merah Putih Semakin Di Depan’ di event internasional,” ujar M. Abidin, GM After Sales & Motorsport PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Putaran awal siap dilangsungkan di Sirkuit Pancing Medan, Sumatera Utara, akhir pekan ini (31 Maret-1 April). Jadi ini merupakan seri pembuka YCR 2018, Sirkuit Pancing memiliki panjang 1,080 km dengan lebar 10-12 meter dan trek lurus sepanjang 270 meter. Dipastikan tim-tim balap terbaik asal Sumatera ikut meramaikan YCR 2018 Medan ini.

Ada 9 Kelas yang akan diperlombakan, 6 kelas utama yaitu Moped 150cc TU Seeded *FI (YCR 1), Moped 125cc TU Seeded *FI (YCR 2), Moped 150cc TU Novice A (YCR 3), Moped 125cc TU Novice A (YCR 4), Moped 150cc Std TU Novice B (YCR5) dan Moped 125cc Std TU Novice B (YCR 6). Kemudian 3 kelas supporting race, yaitu Yamaha Aerox 155 Cup Community (YCR 7), Matic Std 125cc Pemula (YCR 8) dan Sport 2T Std 135cc Open (YCR9).

Yang paling menarik, ada kelas Yamaha Aerox 155 cc dikhususkan untuk komunitas. Aerox 155 Cup Community ini merupakaan apresiasi PT. YIMM untuk komunitas. Mereka diajak untuk lebih mengenal kompetisi balap. Ada misi edukasi racing dan safety-riding. Pastinya, kelas ini akan menjadi daya tarik tersendiri. Persaingan diantara para rider yang terpilih akan menjadi persaingan positif bagi teman-teman komunitas.

“Di musim 2018, komunitas kami berikan kesempatan ikut di kelas Aerox 155 Cup Community. Ini menjadi ajang pembuktian MAXI model Yamaha di ajang balap nasional,” tambah M. Abidin.

Aktivitas pembinaan melalui coaching-clinic oleh Rey Ratukore sebagai mentor. Rey yang fokus di balapan Indospeed Race Series (IRS) 2018 kelas Sport 250 cc akan membagi ilmunya kepada para pembalap muda yang berusia 16 tahun ke bawah (kelas YCR5 dan YCR6) dan kepada komunitas yang ikut di kelas Yamaha Aerox 155 Cup Community.

Hadir pula penawaran menarik dari booth penjualan main-dealar Yamaha Alfa Scorpii. Juga akan dipamerkan berbagai produk Yamaha terbaru. Tidak ketinggalan, berbagai hiburan seperti freestyle lokal siap memeriahkan acara. Kesuksesan Yamaha Cup Race 2018, didukung oleh sponsor Yamalube, Idemitsu, Pirelli, Kayaba, NGK, DID, IRC dan supporting Helm NHK.