​Semua mata tertuju padanya sejak awal kemunculan dan menjadi viral diberbagai media. Sebagai produk global dan menjadi kebanggaan karena pihak Jepang mempercayakan Indonesia sebagai negara pertama produk ini diluncurkan.


25 Juli 2016 All New CBR250RR lahir pertama kali di Indonesia, dan langsung menjadi viral. Kawasaki Ninja paling sering disinggung sebagai pembanding selain Yamaha YZF-R25. Lalu kenapa CBR250RR seakan menjadi fenomena baru di atmosfer otomotif Indonesia???

Ibarat pelatih bola, pabrikan Honda selama ini mengamati tindak-tanduk pemain lawan. Kekurangan dan kelebihan pesaing diamati dan dipelajari guna perkembangan produk yang lebih bagus.

Momen telah bergulir Honda CBR250RR hadir mengungguli kompetitor dengan segala kelebihan. 


RACING REPLICA

Huruf RR bermakna Racing Replica alias racing banget. Ditandai dengan posisi setang dibawah yoke/segitiga, dijamin nunduk abisss… Bodyworks meruncing kesan racy style.


Throtle by Wire

Teknologi baru dikancah roda dua tanah air, dimana tali gas dialih fungsikan oleh sensor guna mengatur buka-tutup gas. (Jadi teringat teknologi fly by wire pesawat N250 karya BJ Habibie)


Suspensi Upside Down

Pertama di kelas sport 250cc CBR250RR sudah mengusung suspensi depan revert alias upside down, konon lebih kuat dan stabil.


LED HEADLAMP

Hampir semua produk motor Honda sudah mengadopsi LED headlamp, masak sih produk premiumnya pakai bohlam lampu biasa. Semua sistem pencahayaan CBR250RR menggunakan LED, headlamp, RDL, stoplamp, sein.


ENGINE

Mesin karakter tipe overbore mirip dengan Ninja 250. Power masih dirahasiakan pihak AHM. Strategi marketing kah???

Engine Type : 4-Stroke, 8-Valve, Parallel Twin Cylinder

Displacement : 249.7 cc

Bore x Stroke 62.0 x 41.4 mm

Compression Ratio : 11.5 : 1

Transmission Manual, 6 Speed

Gear Shift Pattern : 1-N-2-3-4-5-6
Dengan fitur dan teknologi utama tersebut AHM mematok harga CBR250RR dikisaran 63-74 juta. Mahal??? Saya rasa sebanding dengan teknologi yang diusung.


Last.. Apapun alasannya CBR250RR sukses memikat banyak mata terlebih setelah ikut mejeng di Suzuka 8 Hours Endurance Wolrd Championship di Suzuka Jepang 30-31 Juli 2016 kemarin. Versi Honda Repsol bakal lebih mantab lagi nih kayaknya.