Membuka program kerja di awal semester kedua tahun 2017 ini, tim Safety Riding Main Dealer sepeda motor Honda PT. Capella Dinamik Nusantara melakukan edukasi secara maraton di sejumlah sekolah dan kampus. Antara lain SMA Ananda, SMPN 54, SMKN 2, SMA Kartini dan Kampus Politeknik Batam. Selain itu juga dilakukan kampanye imbauan Safety Riding di beberapa titik perempatan jalan di Batu Aji.


Di SMA Ananda sebanyak 120 siswa mengikuti edukasi yang dilaksanakan di aula sekolah itu. Sedangkan di SMPN 54 sejumlah 150 siswa memadati ruang kelas yang digunakan untuk edukasi. Sebenarnya ada hal unik dari kegiatan Safety Riding di SMPN 54 ini. Tim Safety Riding Capella Honda secara tidak sengaja menemukan papan petunjuk sekolah ini di daerah yang sering dilewati. Penasaran, akhirnya tim mencari keberadaan sekolah yang ternyata sudah beroperasi sejak tiga tahun lalu ini. Setelah sedikit nyasar sana-sini akhirnya ketemulah sekolah dimaksud, dan ternyata ditemukan fakta bahwa sebagian siswa sudah ada yang membawa kendaraan bermotor ke sekolah namun tak pernah menggunakan helm. Alasan yang disampaikan oleh para siswa tersebut saat ditanya mengapa tak pakai helm rata-rata adalah karena tak ada polisi (!).

Namun tim Safety Riding Capella Honda memandang lain, mengingat posisi sekolah yang berada di atas bukit dan prasarana jalan menuju sekolah tersebut juga belum memadai maka berkendara tanpa helm sangat berisiko. Karenanya tim memutuskan untuk melakukan edukasi setelah berkoordinasi dengan pihak sekolah SMPN 54. Pihak sekolahpun menyambut baik upaya membekali para siswa dengan ilmu keselamatan berkendara, karena ketimbang melarang total para siswa untuk membawa kendaraan ke sekolah lebih baik membekali mereka bagaimana berlalu lintas yang baik dan benar.”Karena dilarang pun mereka tetap secara sembunyi-sembunyi manggunakannya” ujar Salma waka kesiswaan SMPN 54.


Berbeda lagi dengan edukasi di SMA Kartini Batam. Di sekolah yang termasuk favorit dan disegani ini edukasi Safety Riding diikuti oleh 100-an siswa dan berlangsung di pendopo yang terletak di tengah-tengah halaman sekolah. Para siswa di SMA ini sudah terbiasa menggunakan helm saat berkendara pergi dan pulang sekolah mengingat letak sekolah yang berada di tengah kota dan tepat di tepi jalan yang padat kendaraan. Sehingga lebih mudah bagi tim untuk memberi pengarahan terutama tentang etika berlalu lintas.

Selanjutnya tim Safety Riding Capella Honda melaksanakan seminar di kampus Politeknik Batam dengan mengundang beberapa narasumber. Di depan ratusan peserta inaugurasi, anggota BEM dan Panitia Pelaksana para narasumber bergiliran menyampaikan materi seminar bertema ‘Peran Pemuda Dalam Upaya Membudayakan Keselamatan Berkendara’ ini.”Luar biasa animonya”, kata Budi Winarto, Safety Riding Spv. Capella wilayah Kepri “Apalagi saat sesi diskusi, waktu yang disediakan tidak dapat mengakomodir jumlah peserta yang akan bertanya sehingga terpaksa dibatasi pertanyaannya” sambung Budi lagi.

Yang baru saja terlaksana Sabtu (19/8) kemarin adalah edukasi di SMKN 2 Batam. Meski termasuk sekolah lama di Batam, namun baru kali ini tim Safety Riding Honda melaksanakan acara sejenis. 120 peserta yang hadir pagi itu secara tertib dan penuh perhatian menyimak paparan dari instruktur. Uniknya, ternyata ada beberapa orang dari peserta adalah alumni SMP yang pernah tim Safety Riding kunjungi dan masih mengingat beberapa materi yang disampaikan. Sehingga saat instruktur melontarkan pertanyaan dengan mudah mereka jawab.

Di ujung acara, seperti biasa tim membagikan souvenir kepada peserta edukasi berikut booklet tentang tips keselamatan berkendara. #Cari_aMan