Aprilia menggunakan fairing winglet terbaru pada GP San Marino ini. Fairing winglet tersebut sangat berbeda dengan versi sebelumnya. Aleix sangat puas dengan kinerja dari perangkat yang bertujuan menambah ‘downforce’ tersebut.
“Pada tes disini tahun lalu, kami mencoba winglet dan saya sangat suka. Saya mencoba untuk mendorong para insinyur untuk membuat fairing baru, tapi hanya menutupi winglet tahun lalu,” terang Espargaro.

“Mereka melakukan kerja yang sangat baik dengan hanya 10 hari dan fairingnya fantastis. Saya sangat suka. Ini sangat meningkatkan ‘feeling’, terutama pada tikungan cepat. Tentunya, kami akan terus menggunakannya,” seru kakak Pol Espargaro ini.

Aleix Espargaro tidak pernah memakai fairing winglet yang selalu digunakan Sam Lowes. Ia beralasan bahwa fairing winglet tersebut sangat mengurangi kecepatan motor.

“Setelah saya menggunakan fairing winglet lama saat tes. Saya mencoba lagi fairing winglet tersebut dan itu membuat motor sangat berat dan kami kehilangan kecepatan. Jadi saya menyuruh insinyur untuk membuat winglet yang lama dengan aturan 2017. Bagi saya, itu hal bodoh. Tapi pabrikan lain melakukannya. Jadi kami melakukan hal yang sama dan itu bekerja,” terang Aleix